Semboyan Ki Hajar Dewantara

"Jadikan setiap tempat sebagai SEKOLAH dan jadikan setiap orang sebagai GURU"

Tulisan diatas adalah semboyan dari Ki Hajar Dewantara. Engga tau kenapa semboyan yang satu ini kena banget di aku.

Kenapa ? Karna bukan disekolah aja kita bisa belajar, dimanapun kita bisa belajar dan kenapa setiap orang harus kita jadikan sebagai guru ? Karna dari mereka kita belajar sabar, belajar kasian, belajar berbagi, belajar ikhlas dan belajar bahwa hidup itu bukan tentang aku, aku, dan aku.

Semakin kesini aku semakin banyak banget belajar, terutama belajar diam. Kenapa ? Yaa, ternyata ga semua orang itu pintar pertama, ga semua orang ngerti maksud dari omongan atau penjelasan kita dan ga semua orang butuh penjelasan atas dirimu atau lain-lainnya

Semakin kesini aku merasa semakin "ten, udah, percuma. Kamu mau ngomong panjang lebar kayak gimanapun, sejelas-jelasnya pun kalo difikiran sama hati dia benci dan ga suka, yang kamu bilang kedia itu cuma kosong. Ga guna". Why, why and why ? Karna sekarang aku berada dilingkungan yang "kalo orang yang 'banyak omong' itu ditakutin". Lagi, itu semua gada gunanya.

Jadi, disini aku belajar sabar. Sabar untuk ga ikut berlomba-lomba siapa yang paling didengarin dan omongnya paling banyak. Belajar kasian, karena sebenarnya kebanyakan dari mereka sendiri, mereka ga ngerti sama apa yang mereka bilang, sama apa yang mereka lakuin dan gunanya mereka seperti itu untuk apa ? Belajar berbagi dengan mereka yang "patut" dibagi (bukan soal makanan, please tulisan ini gada sangkut pautnya sama perut~), belajar ikhlas bahwasannya ga semua yang terjadi dihidup kita itu yang enak-enak doang, ga pernah ngerasain kecewa keorang atau sebaliknya dan terakhir belajar bahwa hidup bukan tentang aku, aku, dan aku. Karna pertama aku hidup ga sendirian, aku hidup bukan cuma dengan "keluarga" aja tapi banyak orang asing lainnya yang berstatus teman, sahabat, musuh dan beragam lagi lainnya. Jadi, ngontrol diri buat ga egois itu penting coy (tapi susah), ngontrol untuk ga selalu ingin apa yang kita mau didengar orang, selalu dikabulin dan harus terwujud (hellooow, lo siapaaa ??) Itu ga gampang Dan yang lebih sulitnya lagi, ngontrol emosi.

Wah kalo udah ngomong "emosi" kayanya aku masih belum bisa berasahabat sama doi. Tapi, harus tetap Belajar buat nahan emosi. Karna, balik lagi. Gada gunanya man! Percuma! Ga cuma buang-buang energi kalian tapi juga buang suara kalian (apaa, mulai deh gaje)

Kayanya udah panjang banget yaa ??
Jujur, ternyata nulis itu susah. Udah itu aja. Terima kasih bagi yang mau-mauan ngebaca, terima kasih buat yang mau "dipaksa" ngebaca dan terima kasih bagi yang memang mau ngebaca tulisan-tulisan yang keluar dari otak kosongku yang kalo diibaratkan kaya lapangan bola kalo malem, sepii, hening, kosong daaaan udah deh.

Gute Nacht!

Comments

Popular posts from this blog

Akhirnya atau akhiri ?

23 th BIRTHDAY, YEAY!

Blog Gaje