Sulitnya Mengakui Diri

     "iya, aku salah. Nggak kaya begitu seharusnya aku ngomong"
     "emang aku yang ngelakuin, dan aku ngelakuin itu atas dasar sebuah alasan"

     Gini, barusan aku bersama dengan pejuang Am.keb lainnya ikut kegiatan yang udah jadi rutinitas setiap hari senin. Upacara. Seperti biasa, upacara berjalan dengan "lumayan" lancar.
Kok pake "lumayan" ? iya ya, kok pake "lumayan" ?
Ceritanya gini, tadi waktu upacara kan ada tu ya yang jadi Pembina, kebetulan yang jadi pembinanya itu dari SMK. Nggak maksud buat ngejelekin, ngatain atau apalah itu, cuma belajar aja dari kejadian ini. Singkat cerita, tibalah saat pembacaan Pancasila oleh Pembina Upacara. Men, u know ? Si pembina salah ngebacain isi Pancasila yang ke-2. Itu dasar Negara loh. Tiap senin selalu dibacain. Dikit pula. Dan doi Guru. Mau gimana negara kita kalo dasar negaranya aja nggak hapal ?
     Bukan mau sok jadi manusia serba tau, serba hapal, dan serba bisa lainnya. Cuma gini loh, doi kan Guru ni ya, semestinya doi ngasih contoh yang bener. Oke, kita lupain kejadiannya bentar. Next, arahan dan bimbingan dari Pembina Upacara. Salutnya, si Pembina malah ngomentarin kesalahan yang kalo kita telitiiiiiiiiiiiiiii banget, baru kita tau kalo itu salah. Trus kesalahan dia yang barusan ? ketutup men sama ocehan dia yang ngomentarin kesalah "abu-abu" tadi.

"iya, saya salah. Saya salah bicara itu dikarenakan saya gugup berdiri disini"
Seandainya, kalo dia ngakuin kesalahannya, itu nggak bakal ngejatuhin harga dirinya kok. Dengan ngelempar kesalahan dan berbagi malu juga nggak bakal nutupin kesalahannya doi juga. Kalo menurut aku, seharusnya dia akuin keslahan dia. Yang pertama emang karna dia salah, kedua dia disini Guru, panutan, jadi kalo salah, itu bakal dicontoh sama siswanya. Mungkin bukan kesalahannya yang bakal dicontoh, tapi cara "nanggapi" kesalahannya yang dicontoh. Itu namanya nggak tanggung jawab men.
     Ini contoh dari sekian banyak kasus, kalo buat "ngakui diri" itu susah. ntah itu mengakui kalo kita salah, mengakui kalo kita bisa (bagi yang ga pede), ngakuin kalo itu perbuatan kita, dan banyaklah pokoknya. Aku sendiri sih masih susah buat ngakuin sesuatu yang udah aku lakuin, kalopun ketahuan yaa paling-paling aku diem. Ya karna emang aku salah. Dan dari kejadian ini kita bisa belajar, dengan nggak kita akuin apa yang udah kita lakuin, itu nggak ngebuat suasana jadi biasa aja,. Malunya bakal tetap ada, Orang-orang bakal tetap ingat.
     Sekian.

     

Comments

Popular posts from this blog

23 th BIRTHDAY, YEAY!

Akhirnya atau akhiri ?